24 Des 2011

Tv LG super slim Tr horisontal gak awet

masih pada tv lg super slim yang TR horisontal yang cepet panas alias gak awet.
kemarin dapat servisan tv LG super slim dengan kondisi mati total.terdengar suara mencuit dari dalam tv,sebagai tukang service aku sudah bisa menebak bahwa kerusakan berada di daerah horisontal ,kemungkinan besar tr horisontal short atau playback mungkin sudah minta ganti.seperti mbah dukun aja yang sok tau aku menjelaskan lokasi kerusakan dan apa2 yang harus di ganti,tanpa membuka casing tv tersebut,,,wkkkkk ternyata setelah di buka dan aku cek semua bagian horisontal.tr horisontal dalam keadaan mati,dilanjutkan plaiback dan kondisi masih bagus,tegangan masih normal yaitu 115v,wah ini teramasuk ringan penyakitnya,segera aku ganti dengan tr d2499,dan tak coba ...mak byar.....pet..lho kok langsung modar TRnya..wah tekor iki!!
ahirnya mulai pusing juga nih kepala,TR horisontal yang asli adalah C6092,padahal didaerahku susahsekali mencari komponen tersbt,sebelum penggantian TR hor lagi.aku cek capasitor di daerah horisontal ,memang didapati capasitor 18nf2kv telah gembung.aku ganti komponen tersebut,dan kupasang lagi dengan tr yang baru,terus tv tak hidupin,mak byar,,tv bisa hidup,tapi kok tr nya panasnya gak wajar,dengan jurus pengawuran aku ganti dengan seri yang berbeda beda,akhirnya aku temukan tr horisontal yang cocok,yaitu BU508A..yang ahirnya sampai sekarang alhamdulillah tv masih hidup,dan tr horisontal gak panas,..hehehe itu pengalaman saya mengenai tv lg yang cepet panas tr horisontalnya,,,sekian salam dan sukses selau,,,hidup tukang solder!!!!!!

1 komentar: