3 Feb 2012

TV AIWA IC M37220M3-150SP TOMBOL PANEL TIDAK KERJA

 Hai sobat solder mania!!dah lama nih aku gak posting (sibuk ngurusin rongsokan yang bikin pusing).baiklah kali ini aku dapat servican tv aiwa dengan no chasis TV-145KER,tv ini bekas servisan teknisi lain.dengan kerusakan tv hidup normal tapi selang sekitar 1menit tv mulai menunjukan errornya ,,yaitu panel program sama sekali gak mau kerja,disertai gambar blank putih dan suara tidak terkontrol,ini menunjukan ic program tidak bekerja .oh ya tv ini menggunakan ic program M37220M3-150SPdan ic chroma TA8759BN. Dalam keadaan error dengan teliti aku cek bagian ic program ..hmm gak ada solderan kendor..penelusuran dilanjutkan dengan mengecek tegangan 5v suplai ic .ternyata normal aja.Ternyata pusing juga yah,,mungkinkah ic program ini mati.oh aku belum menyerah sampai situ,akhirnya aku temukan juga biang keroknya yaitu ada di pin riset ic program(terletak di pin 25) ini yang seharusnya +3,5 ternyata terukur 0,ku telisuri kutemukan ic regulator yang mirip transistor dengan kode rad 747 dalam kondisi lemah bahkan sama sekali gak keluar tegangan ..tengak tengok kok aku gak punya ic jenis ini yah..ahirnya aku putuskan untuk membuat alternatip pengganti ic yaitu dengan menggunakan r 1k dan dz 3,7v,vcc diambil dari tegangan suplai 5v, akhirnya tv aku nyalakan ,,,mak byar....((.sambil berdoa yang sulit2 )hahaha,,,ahirnya tv akunyalakan sudah hampir 7jam ngga menunjukan erornya ...mudah mudahan gak kumat lagi nih tv ...
hehehe sekian dulu sobat pengalaman dari aku .mudah2an bermanfaat...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar