18 Okt 2011

BERBURU SATELIT YAMAL 202

 sebenarnya ini adalah pengalamanku 5 bulan yang lalu sebelum aku aktif di dunia blogger,waktu itu ada konsumen yang minta menyeting parabolanya karena dah lama gak dipakai dan chanel2nya pun dah pada pindah.pelanggan tersebut berada di daerah pasir .karanglewas banyumas
 alhasil aku seting  kembali parabola jadul dg ukuran 9feed.menyeting dish ini sangatlah mudah,karena semakin besar dish semakin besar pula sinyal yang diterima di lnb.
 disini aku hanya pasang dua lnb yaitu untuk menerima satelit telkom dan palapa.
bagi anda yang sudah menggunakan parabola tentu tahu berapa jumlah chanel yang dapat diterima dengan dua lnb.yah ahirnya konsumen kecewa dengan adanya chanel yang sedikit .ia minta chanelnya di tambah kalau bisa ada chanel esek esek nya, wkwkkkk wah dah kuduga sebelumnya,ahirnya tawar menawar hargapun di mulai dan dia sanggup dengan tambahan biaya yang ngga sedikit.
ahirnya persiapan pun dimulai.alat tambahan itu adalah
1.posisioner

2.acktuator

3.talenan dapur yang berbahan fiber
 ahirnya aku seting kembali parabola tsb.dan aku modif seperti. lnb yang di sekat dengan talenan.untuk lebih detail lihat gambar berikut.


fungsi dari lnb yang disekat adalah untuk menerima satelit yamal 202.yang berada di orbit 49 deg E
                                                       gambar posisi satelit yamal
kenapa satelit yamal yang di prioritaskan kok ribet amat.
 satelit yamal adalah satelit rusia anda tentu tahu rusia adalh negara bebas sehingga acara tvnyapun sama sekali ngga ada istilah sensor.
 berikut adalah hasil dari perburuan satelit yamal 202

                                                            gambar .ren tv
Freq/frek        ; 3746 Symbol Rate   ; 34080
 ahirnya kelar juga nih kerjaan.hampir 3 hari aku nyeting parabola ini yang memang satelit ini susah sekali didapat karena butuh kesabaran dan pengetahuan tentang seluk beluk satelit.
bagi teman teman yang berada di banyumas satelit yamal bisa diterima dengan baik asalkan dish dan tempat memenuhi syarat, yaitu dish minimal 9 feed.tempat tidak terhalang pohon maupun gedung.
 bagi anda yang berminat silakan mencoba ,,semoga berhasil!!!

3 komentar:

  1. Gan,mau nanya nih,saya punya 2 LNB,1 untuk Palapa,1 nya lagi untuk telkom,jadi yg harus saya kasih sekat itu LNB yg mn biar bisa dapat Yamal??makasih..

    BalasHapus
  2. kalau di warnet kek mana cara'a bg jamal?

    BalasHapus